fb
fruters

Loading Page
Please wait ...

FRUTERS
cart 0

CART
  • No products

15 MAKANAN TERBAIK UNTUK DETOX TUBUH

18 October 2020

Tubuh kita setiap harinya mengonsumsi berbagai makanan dan juga produk yang mengandung zat yang berbeda-beda. Bahkan, tanpa disadari dengan mengonsumsi makanan yang sembarangan dan gaya hidup tidak sehat dapat memicu racun berbahaya muncul di tubuh kita lho.


Nyatanya, produk tertentu mengandung racun yang nantinya akan diserap oleh tubuh dan dapat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, untuk menghindari bahaya dari racun tersebut perlu dilakukan detoksifikasi untuk tubuh kamu.


Detoksifikasi itu apa sih?


Detoksifikasi atau yang biasa dikenal sebagai detoks merupakan cara untuk membersihkan dan mengeluarkan racun dari tubuh.


Untuk membersihkan tubuh kamu dari racun berbahaya, makanan sehat menjadi salah satu obat terbaik. Tenang, gak perlu khawatir! Karena bisa saja ada salah satu makanan favorit kamu yang bisa membersihkan dan mencegah penumpukan racun yang berbahaya di dalam tubuh kamu.


15 MAKANAN SEHAT UNTUK DETOKSIFIKASI TUBUH


1.    Bawang Putih




Dikutip dari Medical News Today, bawang putih memiliki banyak manfaat untuk tubuh kamu lho. Bawang putih dapat menghancurkan sel-sel di dalam glioblastomas, atau sejenis tumor otak yang mematikan, menjaga kesehatan jantung, serta mampu menjadi antibiotik yang kuat untuk tubuh kamu.


Bawang putih bisa meningkatkan sistem imun kamu sehingga tidak mudah tertular penyakit seperti flu. Selain itu, bawang putih dapat membuat saluran pencernaan kamu mendapat manfaat dari senyawa di dalamnya yang dapat membunuh racun.


2.     Kacang Kenari


Kacang kenari dapat memperlancar peredaran darah di tubuh kamu dan meningkatkan kekuatan otak. Sehingga dengan makan kacang kenari kamu akan merasakan tubuh yang lebih sehat.


3.     Jeruk Bali


Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Metabolism, hanya dengan makan setengah jeruk bali sebelum makan akan mengurangi inci dari tubuh kamu hanya dalam enam minggu. Selain itu, jeruk bali memiliki kalori yang rendah sehingga cocok untuk kamu yang tidak ingin gemuk.


4.    Asparagus


Menurut sebuah studi dalam Journal of Food Science, asam amino dan mineral yang ditemukan dalam asparagus dapat melindungi sel-sel hati dari racun berbahaya. Asparagus menjadi diuretik alami yang bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan juga bisa melindungi hati kamu.


5.     Wild Salmon


Wild salmon dapat membantu memperlancar aliran darah dan membersihkan banyak arteri dan organ vital. Tapi ketika membeli ini, kamu tetap harus perhatikan apakah wild salmon yang kamu beli asli atau hanya salmon biasa ya!


6.    Ubi Jalar


Makanan satu ini mengandung carotenoid yang dapat membuat kulit kamu terlihat glowing dan sehat. Konsumsi makanan ini agar kulit kamu terlihat lebih sehat tanpa perlu perawatan di salon.


7.    Bayam


Menurut sebuah studi Appetite, bayam mengandung senyawa yang dapat menekan nafsu makan yang disebut thylakoids. Bayam memiliki rendah kalori yang cocok untuk kamu tambahkan di mangkok smoothie saat sarapan, atau bisa juga di dalam sandwich. Bayam akan menjadi teman terbaik utuk detoksifikasi tubuh kamu.


8.     Pisang


Pisang memiliki dua kekuatan yang bisa membantu kamu untuk melangsingkan perut lho. Pisang memberikan dosis kalium yang sehat yang bisa membantu mengatur tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat. Selain itu, pisang dapat membantu mengurangi retensi air yang akan membuat kamu merasa lebih langsing.


9.    Apel


Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa buah apel memainkan peran besar dalam mengurangi risiko penyebaran berbagai penyakit kronis. Apel diketahui memiliki antioksidan yang sangat kuat dan mampu menurunkan kolesterol. Bahkan, dengan memakan apel, perut kamu akan terasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama lho.


10.     Nanas


Tidak banyak orang tahu bahwa nanas memiliki lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Nanas juga mengandung enzim pencernaan yaitu bromelain, yang membantu membersihkan usus dan membantu memperlancar sistem pencernaan.


11.  Seledri


Kamu pasti tahu seledri memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Yap, betul banget! Banyak ahli mengatakan bahwa ketika seledri diolah sebagai jus, seluruh nutrisi yang terdapat di dalamnya lebih mudah diserap oleh tubuh lho. Seledri ini seperti gudang yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan kuat sehingga cocok untuk detoksifikasi tubuh.


12.  Kakao


Dikutip dari Orion Healing Centre menyebutkan bahwa kakao mengandung jumlah antioksidan tertinggi yang mampu melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Kakao kaya akan chromium, manganese, zinc, copper, serta beberapa mineral penting lainnya. Kakao dapat membantu meningkatkan mood kamu. Selain itu, kakao juga dapat menjadi antioksidan, serta dapat mengurangi resiko stroke. Kakao sangat cocok menjadi menu tambahan untuk diet kamu!


13.   Kelapa Hijau


Kelapa hijau sangat bagus untuk mencegah dehidrasi dan mengandung nutrisi dan senyawa yang dapat bermanfaat menjadi antioksidan, membantu mengurangi risiko sindrom metabolik dan penyakit jantung.


14.    Beet


Dengan asam nitrat yang dimiliki buah satu ini, dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh kamu. Sehingga beet dikenal sebagai pembersih darah. Selain itu, buah beet mengandung jenis antioksidan yang disebut betalains yang membantu memperbaiki dan meregenerasi sel-sel di hati, pusat detoksifikasi utama tubuh.


15.  Oatmeal


Oat merupakan sumber yang kaya akan serat dan ramah usus. Menurut penelitian, oat mampu mencegah masalah kesehatan terkait obesitas termasuk penyakit jantung dan diabetes. Semangkuk oatmeal dapat membuat perutmu kenyang lebih lama lho.



 

Nah, sudah tahu kan makanan apa saja yang dapat membantu detoksififikasi tubuh kamu? Yuk, mulai hidup sehat dari sekarang!



 

References:

Boyer, J., & Liu, R. H. (2004). Apple phytochemicals and their health benefits. Nutrition journal3(1), 5.


Kelly Choi. 2016. The 25 Best Foods for Instant Detox. https://www.eatthis.com/best-foods-instant-detox/ (diakses tanggal 17 Juli 2020).


Popculture. 2019. 15 Foods to Detox Your Body. https://popculture.com/healthy-living/news/15-foods-to-detox-your-body/#5 (diakses tanggal 17 Juli 2020).


Susie Quick, RD.Com. 15 Cleansing Foods to Detox Your Body Naturally. https://www.besthealthmag.ca/best-eats/healthy-eating/15-cleansing-foods-detox-body-naturally/ (diakses tanggal 16 Juli 2020).


Back To Top